Menu Melayang

Rabu, 13 Juli 2022

Ingin Poles Lantai Marmer? Cek Jenis Marmer, Cara Memoles dan Merawatnya di Sini!

Jasa Poles Marmer


Marmer merupakan jenis batuan
metamorf atau hasil metamorfosa dari batu kapur yang mengalami rekristilasasi, sehingga menghasilkan corak alami yang indah. Marmer telah banyak digunakan dalam dunia konstruksi bangunan, sebagai lantai, dinding, maupun furnitur seperti kursi dan meja. Marmer akan tampak lebih sempurna dan berkilau jika dilakukan poles marmer. Berikut ini informasi lengkap seputar marmer.



Jenis Marmer Terbaik


1. Marmer Statuary Marble

Ciri khas utama dari marmer ini adalah memiliki corak retak-retakan. Keramik motif marmer putih ini sangat cocok digunakan sebagai lantai rumah atau bahan furnitur meja jika Anda ingin kesan corak yang kalem.


2. Marmer Onyx

Dinamakan marmer onyx karena marmer jenis ini menyerupai batu onyx. Marmer onyx mengandung beberapa mineral silica halus, cryptocrystalline, moganite, dan chalcedony yang dapat membentuk lapisan transparan dengan warna yang indah. Marmer ini cukup banyak diminati oleh para desainer interior karena keindahan coraknya.


3. Marmer Limeston

Jenis marmer ini telah banyak dijumpai pada jasa poles marmer. Batu marmer ini memiliki kelebihan pada sifatnya yang tidak licin saat terkena air dan anti lumut. Selain coraknya yang indah, banyak orang menggunakan marmer ini sebagai lantai kamar mandi atau pinggir kolam karena mudah dibersihkan dan lebih aman ketika dipijak.


5. Marmer Cipolin

Batu cipolin ini memiliki karakteristik warna yang cenderung gelap dengan pola yang abstrak. Mayoritas jenis coraknya mirip dengan lapisa4n kue, namun ada pula beberapa yang mirip dengan sapuan kuas. Marmer jenis ini jarang ditemukan pada poles lantai marmer, karena cenderung lebih banyak digunakan pada countertop dapur atau alas meja.


6. Marmer Hijau

Ingin memiliki meja marmer mewah? Jenis batu marmer hijau dapat menjadi pilihan yang tepat. Marmer hijau memiliki corak mirip dengan statuary marble dengan warna dasar hijau lumut. Biasanya orang-orang menggunakan marmer ini untuk alas meja, elemen eksterior, dan bagian dapur.


7. Marmer Breccia

Karakteristik yang paling menonjol dari marmer ini adalah teksturnya yang agak kasar. Marmer breccia memiliki pilihan warna-warna yang cerah. Selain itu, marmer ini juga memiliki warna yang mudah diserasikan oleh seluruh tema rumah, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika warna marmer yang Anda pilih tidak selaras dengan tema rumah Anda.


8. Marmer Shell

Marmer yang satu ini merupakan jenis marmer yang paling mahal. Hal dikarenakan coraknya yang sangat langka dan unik. Marmer shell terbentuk dari fosil makhluk hidup yang membentuk corak artistik. Jika Anda ingin menonjolkan titik ruang tertentu dalam rumah, gunakan marmer ini agar tampilan satu titik tersebut terlihat istimewa dan menonjol.



Cara Memoles Marmer


Proses poles marmer ini biasanya dilakukan oleh ahli poles profesional karena dibutuhkan teknik khusus agar lantai yang dipoles tidak rusak. Berikut beberapa tahapan cara memoles marmer yang wajib Anda tahu.


1. Pemasangan ulang nat

Tahapan pada poles lantai marmer ini biasanya dilakukan untuk lantai yang berlubang atau mengalami keretakan parah. Nat adalah bagian pengisi antara susunan lantai. Pada marmer baru, biasanya susunan nat tidak memiliki ukuran yang sama, sehingga perlu dikikis dan dipotong agar tampak lebih rapi. 


2. Pengupasan (grinding)

Grinding merupakan sebuah proses pembersihan kotoran atau noda yang menempel pada permukaan lantai, agar seluruh kerak dan goresan dapat hilang. Dalam proses ini biasanya digunakan mesin poles dan air, dengan tingkat kekerasan yang berbeda-beda. Setelah lantai dibersihkan dengan alat poles marmer ini, hasilnya akan lebih halus, rata, dan bersih.


3. Kristalisasi

Kristalisasi merupakan proses pengembalian warna lantai dan pengkilapan. Kristalisasi ini menggunakan cairan poles marmer yang terbuat dari bahan kimia. Untuk menghasilkan kilau yang sempurna biasanya dilakukan dengan dua tahapan dan dua jenis bahan.


4.Coating

Membuat lantai menjadi berkilau saja tidak cukup jika tidak diberikan pelapis. Lantai yang telah dipoles tadi akan diberikan cairan pelapis agar hasil kilapnya dapat tahan lama dan tidak mudah rusak. Biasanya proses coating memakan waktu 30 menit sampai satu jam untuk menunggu hingga kering.



Cara Merawat dan Membersihkan Marmer


Marmer yang telah hilang kilap atau kotor memang mudah dibersihkan dan dipoles kembali. Namun, itentu tidak murah apalagi jika bagian marmer yang akan dipoles cukup luas. Jadi, Anda perlu secara rutin merawat dan membersihkannya dengan cara-cara berikut


• Bersihkan marmer dengan cairan pembersih yang lembut

Saat membersihkan marmer, Anda harus berhati-hati dalam memilih cairan pembersih. Hindari penggunaan cairan pembersih ubin keramik biasa karena bisa menyebabkan marmer tampak kusam. Sebaiknya, saat mencoba cairan pembersih baru, Anda meneteskan sedikit ke satu bagian marmer dan lihat terlebih dahulu bagaimana reaksi yang terjadi.


• Segera bersihkan noda atau kotoran yang menempel

Cara merawat marmer selanjutnya ialah memperhatikan kebersihan marmer dengan segera menyeka noda yang menempel. Terkadang terdapat beberapa noda yang sulit dibersihkan jika telah menempel terlalu lama. Jadi, pastikan ketika Anda tahu ada kotoran yang menempel pada lantai atau furnitur marmer Anda, segera bersihkan menggunakan kain yang halus dengan gerakan searah seperti pola marmer tersebut.


• Gunakan sabun cuci piring

Sabun cuci piring telah terbukti aman untuk membersihkan noda dan kotoran pada permukaan marmer. Caranya sangat mudah, tuangkan sedikit cairan sabun pada spons atau kain microfiber, kemudian basahi sedikit kain dan usap dengan lembut pada permukaan yang kotor. Sedikit saran, jangan mengusapnya dengan gerakan melingkar, karena itu dapat merusak permukaan marmer.


• Beri alas pada benda keras di atas lantai

Jika lantai marmer Anda akan ditumpangi oleh benda-benda keras, seperti pot tanaman, meja, almari, dan lainnya, usahakan beri alas yang lembut agar benda-benda keras tersebut tidak kontak langsung dengan lantai dan merusak lapisan marmer. 


Tips Memilih Lantai Marmer


1. Gunakan marmer cerah untuk kesan lebih lapang

Memiliki rumah minimalis, tetapi ingin terlihat luas? Sebaiknya Anda menggunakan marmer berwarna cerah. Warna cerah dengan corak yang tidak terlalu ramai dapat menimbulkan kesan ruangan yang lebih lapang dan tampak bersih. Anda dapat menggunakan warna marmer yang cerah pada ruang tamu atau ruang keluarga.


2. Perhatikan budget Anda

Material marmer memang lebih mahal daripada material lantai lainnya. Bahkan, untuk jasa poles marmer saja membutuhkan biaya yang tidak murah. Maka dari itu, sesuaikan budget Anda ketika memilih batuan marmer. Lakukan riset berbagai jenis marmer dengan kualitas dan budget sesuai kantong Anda.


3. Jangan selaraskan dengan warna perabot

Jika perabot rumah tangga Anda berukuran yang cukup besar, jangan menggunakan marmer berwarna gelap, karena bisa menimbulkan kesan ruangan yang lebih sempit. Selain itu, jangan pula menggunakan warna yang senada dengan perabot rumah tangga Anda. Sebaiknya, gunakan warna netral, seperti putih, abu-abu muda, atau krem agar tampilan rumah terlihat indah.


Itulah informasi lengkap seputar jenis marmer, poles marmer, cara merawat dan tips lainnya. Batu marmer ini terkenal akan keawetannya dan memberikan kesan mewah pada rumah. Karena harganya yang cukup mahal, pastikan Anda memilih jenis marmer sesuai dengan tema rumah Anda dan lakukan riset harga di pasaran untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan budget Anda.

Blog Post

Related Post

Back to Top